Berikut ini adalah contoh Proposal Periklanan tentang Gerakan "Surabaya NgeBus" di kota Surabaya:
PROPOSAL PERIKLANAN
GERAKAN “Surabaya
NgeBus” DI KOTA SURABAYA
ANGGOTA
BAPERTISING AGENCY:
1.
Yefri Lasma Utari (140531100098)
2.
Anis Miswoni (140531100099)
3.
Ujang Saifulloh (140531100100)
4.
Ahmad Shalahuddin Azhar (140531100101)
5.
Mukti Wibowo (140531100104)
Bekerja sama
dengan:
PO. DAMRI Kota
Surabaya
RUMUSAN MASALAH
Kemacetan lalu lintas di Indonesia merupakan masalah
besar yang dihadapi boleh bangsa Indonesia. Padatnya transportasi
di jalan raya menyebabkan terjadinya kemacetan. di kota Surabaya sendiri, kemacetan tergolong cukup parah.
Terlebih disaat jam sekolah dan jam kerja. Kemacetan di Surabaya umumnya
disebabkan oleh samakin banyaknya atau bertambahnya volume kendaraan di setiap
tahunnya yang sudah tidak seimbang dengan kapasitas jalan, kesadaran masyarakat
untuk menggunakan transportasi umum juga masih kurang, hal ini disebabkan
karena transportasi umum di kota Surabaya belum sepenuhnya memenuhi standar dan
masih banyak yang tidak layak digunakan sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan
transportasi pribadi.
PROFIL AGENCY
“BAPERTISING
AGENCY”
BAPERTISING AGENCY adalah media periklanan
yang bergerak di bidang social-humaniora. Difokuskan hanya terbatas pada
permasalahan lingkungan, sosial, dan kemanusiaan. BAPERTISING AGENCY ingin
menjadi media untuk menjembatani permasalahan di sekitar yang berkaitan dengan
isu sosial dan kemanusiaan. BAPERTISING AGENCY siap menawarkan strategi
periklanan yang berbeda dari kebanyakan media periklanan.
PROFIL DAMRI
DAMRI adalah singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia
(ER, EYD:
Jawatan Angkutan Motor Republik
Indonesia) yang dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian
Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 November 1946
dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan
dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap
diabadikan sebagai brand mark dari Badan Usaha
Milik Negara (BUMN) ini yang hingga saat ini masih tetap konsisten
menjalankan tugasnya sebagai salah satu penyelenggara jasa angkutan penumpang
dan barang dengan menggunakan bus dan truk.
Hingga saat
ini, DAMRI memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia.
Dalam kegiatan usahanya DAMRI menyelenggarakan pelayanan angkutan kota,
angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan
kota antarprovinsi, angkutan khusus bandar udara, angkutan pariwisata, angkutan
logistik, angkutan keperintisan, dan angkutan lintas batas negara.
MANFAAT BUS DAMRI
·
Ikut mengurangi kemacetan karena kuota lebih
banyak
·
Tarif relatif murah
·
Tidak panas/kehujanan
·
Tidak tersesat
·
Lebih nyaman dari bus dari PO lain
TRAYEK BUS DAMRI KOTA SURABAYA
Kode
trayek C : Melayani Purabaya - Darmo - Indrapura - Demak.
Kode
trayek E : Melayani Purabaya - Darmo - Tambak Oso Wilangun
Kode
trayek E1 : Melayani Purabaya - Joyoboyo
Kode
trayek F : Melayani Purabaya - Kupang - Raden Saleh -Indrapura -Tambak Oso
Wilangun Kode trayek JND : Melayani Juanda - Bungurasi (bagi para penumpang
pesawat yang turun di bandara juanda surabaya jika ingin melanjutkan perjalanan
ke terminal bungurasih atau purabaya bisa menggunakan trayek bus ini)
Kode
trayek L : Melayani Ujung Baru - rajawali - Tambak Oso Wilangun
Kode
trayek P1 : melayani Purabaya - Darmo - Indrapura - Perak (patas alias melewati
jalan tol) Kode trayek P2 : Melayani Purabaya - Darmo - Indrapura - Tambak Oso
WIlangun (patas)
Kode
trayek P3 : Melayani Sidoarjo - Dupak - rajawali - Semut (Patas)
Kode
trayek P4 : Melayani Purabaya - Dupak - Perak (Patas)
Kode
trayek P6 : Melayani Purabaya - Tambak Oso Wilangun (patas) Kode trayek P7 :
Melayani Purabaya - Dupak - Tambak Oso Wilangun (patas)
Kode
trayek P8 : Melayani Purabaya - Dupak - Tambak Oso Wilangun (patas)
Kode
trayek PAC1 : Melayani Purabaya - Darmo - indrapura - perak (patas AC)
Kode
trayek PAC2 : Melayani Purabaya - Darmo - Indrapura - Tambak Oso Wilangun
(Patas AC) Kode trayek PAC4 : Melayani Purabaya - Dupak - Perak (patas AC)
Kode
trayek PAC8 : Melayani Purabaya - Dupak - Tambak Oso Wilangun
ANALISIS S-W-O-T PRODUK
Strength
(kekuatan)
Kekuatan dari program “Surabaya NgeBus”, menurut pengamatan
kelompok kami yaitu memiliki kekuatan untuk menyadarkan masyarakat akan
kemacetan yang semakin meningkat, sehingga ketika kesadaran untuk naik bus itu
melekat pada masyarakat maka besar kemungkinan kemacetan akan berkurang atau
mungkin hilang.
Weekness
(kelemahan)
Dari analisis kelompok kami
Program “Surabaya NgeBus”, ini
memiliki kelemahan seperti kurang tepatnya waktu atau efisien waktu. Karena
waktu yang ditempuh oleh bus masih tidak bisa tepat waktu. Hal ini yang
mengakibatkan masyarakat kurang berminat untuk naik bus. Dan ketika waktu
tertentu melebihi kapasitas penumpang.
Opportunity
(peluang)
Peluang dari
adanya ajakan “Surabaya NgeBus”, yaitu
dapat mengurangi kemacetan yang saat ini semakin meningkat, dan juga dapat
meningkatkan pendapatan perusahaan bus. Selain itu mampu mengurangi polusi yang
diakibatkan kendaraan pribadi yang memenuhi jalan raya.
Threatment
(ancaman)
Ancaman dari
adanya ajakan “Surabaya NgeBus” adalah
perusahaan mobil atau motor (kendaraaan pribadi) akan mengalami penurunan omset,
bahkan bisa sampai mengalami kebangkrutan jika gerakan ini berhasil menjaring
penumpang sesuai target.
KESIMPULAN
Dari hasil analisis
SWOT yang sudah dibuat, kami menemukan adanya kelemahan dari program tersebut,
yaitu untuk ketepatan waktu dan kenyamanan yang kurang, sehingga penumpang
lebih beralih ke armada angkutan lain. Namun untuk kelebihan progam yang kami
berikan adalah biayanya yang relatif lebih murah dan sekaligus merupakan sarana
transportasi massal yang paling tepat untuk mengurai kemacetan di kota
Surabaya.
IDE KREATIF
1. Promo potongan harga bagi pelajar dan
mahasiswa
Promo berlaku bagi setiap pelajar dan mahasiswa
dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa yang berlaku. Promo ini
hanya berlaku pada jam-jam tertentu seperti berangkat dan pulang dari sekolah
atau kampus.
2. Kuis “selfi in bus”
Untuk menarik
perhatian penumpang, khusunya kaula muda, perlu diadakan kuis setiap minggu
atau bulan. Kuis bisa semacam foto selfi saat menggunakan bus kota lalu
diupload di media sosial dengan menggunakan tagar tertentu.
3. Membuat kartu member atau langganan
Dengan adanya
kartu member melalui prosedur tertentu diharapkan gerakan “Surabaya NgeBus”
akan lebih dekat dengan para penumpang. Kartu member atau langganan akan
mendapatkan keistimewaan seperti diskon hingga 20%.
KONSEP IKLAN
Pertama: mengambil gambar
kemacetan jalanan Surabaya
Kedua: sesosok pria membawa tote
bag, kemudian berhenti melihat kemacetan jalanan
Ketiga: seseorang tersebut
“memasukkan kemacetan jalanan” kedalam tote bag-nya
Keempat: seseorang yang membawa
segala kemacetan Surabaya didalam tote bag-nya itu
kemudian naik bus kota, bus
kemudian melaju dengan santai
Kelima: ambil gambar bokong bus
disertai tulisan “Surabaya NgeBus”
Selesai!
NB: durasi iklan berlangsung +/- 60 detik atau 1
menit
Makna konsep
iklan
Pesan yg ingin disampaikan
melalui konsep iklan diatas adalah bahwa fenomena kemacetan (di Surabaya)
diibaratkan seperti sebuah “sampah”. Namun “sampah” tersebut tidak lantas
dibuang ditempat sampah melainkan dimasukkan kedalam tas (tote bag), kemudian
totebag yang berisi seraingkaian “sampah kemacetan” tersebut oleh seseorang
dibawa naik bus. Adapun bus dimaksudkan
sebuah solusi paling praktis untuk mengurai atau mengatasi kemacetan (di
Surabaya).
LIHAT JUGA PROPOSAL TERKAIT:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar