Rabu, 26 Juli 2017

CONTOH PROPOSAL PERIKLANAN GERAKAN “Surabaya NgeBus” DI KOTA SURABAYA

Berikut ini adalah contoh Proposal Periklanan tentang Gerakan "Surabaya NgeBus" di kota Surabaya:

PROPOSAL PERIKLANAN
GERAKAN “Surabaya NgeBus” DI KOTA SURABAYA





ANGGOTA BAPERTISING AGENCY:
1.      Yefri Lasma Utari (140531100098)
2.      Anis Miswoni (140531100099)
3.      Ujang Saifulloh (140531100100)
4.      Ahmad Shalahuddin Azhar (140531100101)
5.      Mukti Wibowo (140531100104)
Bekerja sama dengan:
PO. DAMRI Kota Surabaya

RUMUSAN MASALAH
Kemacetan lalu lintas di Indonesia merupakan masalah besar yang dihadapi boleh bangsa Indonesia. Padatnya transportasi di jalan raya menyebabkan terjadinya kemacetan. di kota Surabaya sendiri, kemacetan tergolong cukup parah. Terlebih disaat jam sekolah dan jam kerja. Kemacetan di Surabaya umumnya disebabkan oleh samakin banyaknya atau bertambahnya volume kendaraan di setiap tahunnya yang sudah tidak seimbang dengan kapasitas jalan, kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum juga masih kurang, hal ini disebabkan karena transportasi umum di kota Surabaya belum sepenuhnya memenuhi standar dan masih banyak yang tidak layak digunakan sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi pribadi.



PROFIL AGENCY
“BAPERTISING AGENCY”
BAPERTISING AGENCY adalah media periklanan yang bergerak di bidang social-humaniora. Difokuskan hanya terbatas pada permasalahan lingkungan, sosial, dan kemanusiaan. BAPERTISING AGENCY ingin menjadi media untuk menjembatani permasalahan di sekitar yang berkaitan dengan isu sosial dan kemanusiaan. BAPERTISING AGENCY siap menawarkan strategi periklanan yang berbeda dari kebanyakan media periklanan.




PROFIL DAMRI

DAMRI adalah singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (ER, EYD: Jawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) yang dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 November 1946 dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap diabadikan sebagai brand mark dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini yang hingga saat ini masih tetap konsisten menjalankan tugasnya sebagai salah satu penyelenggara jasa angkutan penumpang dan barang dengan menggunakan bus dan truk.
Hingga saat ini, DAMRI memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia. Dalam kegiatan usahanya DAMRI menyelenggarakan pelayanan angkutan kota, angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan kota antarprovinsi, angkutan khusus bandar udara, angkutan pariwisata, angkutan logistik, angkutan keperintisan, dan angkutan lintas batas negara.
MANFAAT BUS DAMRI
·         Ikut mengurangi kemacetan karena kuota lebih banyak
·         Tarif relatif murah
·         Tidak panas/kehujanan
·         Tidak tersesat
·         Lebih nyaman dari bus dari PO lain

TRAYEK BUS DAMRI KOTA SURABAYA

Kode trayek C : Melayani Purabaya - Darmo - Indrapura - Demak.
Kode trayek E : Melayani Purabaya - Darmo - Tambak Oso Wilangun
Kode trayek E1 : Melayani Purabaya - Joyoboyo
Kode trayek F : Melayani Purabaya - Kupang - Raden Saleh -Indrapura -Tambak Oso Wilangun Kode trayek JND : Melayani Juanda - Bungurasi (bagi para penumpang pesawat yang turun di bandara juanda surabaya jika ingin melanjutkan perjalanan ke terminal bungurasih atau purabaya bisa menggunakan trayek bus ini)
Kode trayek L : Melayani Ujung Baru - rajawali - Tambak Oso Wilangun
Kode trayek P1 : melayani Purabaya - Darmo - Indrapura - Perak (patas alias melewati jalan tol) Kode trayek P2 : Melayani Purabaya - Darmo - Indrapura - Tambak Oso WIlangun (patas)
Kode trayek P3 : Melayani Sidoarjo - Dupak - rajawali - Semut (Patas)
Kode trayek P4 : Melayani Purabaya - Dupak - Perak (Patas)
Kode trayek P6 : Melayani Purabaya - Tambak Oso Wilangun (patas) Kode trayek P7 : Melayani Purabaya - Dupak - Tambak Oso Wilangun (patas)
Kode trayek P8 : Melayani Purabaya - Dupak - Tambak Oso Wilangun (patas)
Kode trayek PAC1 : Melayani Purabaya - Darmo - indrapura - perak (patas AC)
Kode trayek PAC2 : Melayani Purabaya - Darmo - Indrapura - Tambak Oso Wilangun (Patas AC) Kode trayek PAC4 : Melayani Purabaya - Dupak - Perak (patas AC)
Kode trayek PAC8 : Melayani Purabaya - Dupak - Tambak Oso Wilangun



ANALISIS  S-W-O-T PRODUK

Strength (kekuatan)
Kekuatan dari program “Surabaya NgeBus”, menurut pengamatan kelompok kami yaitu memiliki kekuatan untuk menyadarkan masyarakat akan kemacetan yang semakin meningkat, sehingga ketika kesadaran untuk naik bus itu melekat pada masyarakat maka besar kemungkinan kemacetan akan berkurang atau mungkin hilang.
Weekness (kelemahan)
Dari analisis kelompok kami Program “Surabaya NgeBus”, ini memiliki kelemahan seperti kurang tepatnya waktu atau efisien waktu. Karena waktu yang ditempuh oleh bus masih tidak bisa tepat waktu. Hal ini yang mengakibatkan masyarakat kurang berminat untuk naik bus. Dan ketika waktu tertentu melebihi kapasitas penumpang.


Opportunity (peluang)
Peluang dari adanya ajakan “Surabaya NgeBus”, yaitu dapat mengurangi kemacetan yang saat ini semakin meningkat, dan juga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan bus. Selain itu mampu mengurangi polusi yang diakibatkan kendaraan pribadi yang memenuhi jalan raya.
Threatment (ancaman)
Ancaman dari adanya ajakan “Surabaya NgeBus” adalah perusahaan mobil atau motor (kendaraaan pribadi) akan mengalami penurunan omset, bahkan bisa sampai mengalami kebangkrutan jika gerakan ini berhasil menjaring penumpang sesuai target.
KESIMPULAN
            Dari hasil analisis SWOT yang sudah dibuat, kami menemukan adanya kelemahan dari program tersebut, yaitu untuk ketepatan waktu dan kenyamanan yang kurang, sehingga penumpang lebih beralih ke armada angkutan lain. Namun untuk kelebihan progam yang kami berikan adalah biayanya yang relatif lebih murah dan sekaligus merupakan sarana transportasi massal yang paling tepat untuk mengurai kemacetan di kota Surabaya.






IDE KREATIF

1.      Promo potongan harga bagi pelajar dan mahasiswa
Promo  berlaku bagi setiap pelajar dan mahasiswa dengan menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa yang berlaku. Promo ini hanya berlaku pada jam-jam tertentu seperti berangkat dan pulang dari sekolah atau kampus.
2.      Kuis “selfi in bus”
Untuk menarik perhatian penumpang, khusunya kaula muda, perlu diadakan kuis setiap minggu atau bulan. Kuis bisa semacam foto selfi saat menggunakan bus kota lalu diupload di media sosial dengan menggunakan tagar tertentu.
3.      Membuat kartu member atau langganan
Dengan adanya kartu member melalui prosedur tertentu diharapkan gerakan “Surabaya NgeBus” akan lebih dekat dengan para penumpang. Kartu member atau langganan akan mendapatkan keistimewaan seperti diskon hingga 20%.




KONSEP IKLAN
Pertama: mengambil gambar kemacetan jalanan Surabaya
Kedua: sesosok pria membawa tote bag, kemudian berhenti melihat kemacetan jalanan
Ketiga: seseorang tersebut “memasukkan kemacetan jalanan” kedalam tote bag-nya
Keempat: seseorang yang membawa segala kemacetan Surabaya didalam tote bag-nya itu
kemudian naik bus kota, bus kemudian melaju dengan santai
Kelima: ambil gambar bokong bus disertai tulisan “Surabaya NgeBus”
Selesai!
NB: durasi iklan berlangsung +/- 60 detik atau 1 menit


Makna konsep iklan

Pesan yg ingin disampaikan melalui konsep iklan diatas adalah bahwa fenomena kemacetan (di Surabaya) diibaratkan seperti sebuah “sampah”. Namun “sampah” tersebut tidak lantas dibuang ditempat sampah melainkan dimasukkan kedalam tas (tote bag), kemudian totebag yang berisi seraingkaian “sampah kemacetan” tersebut oleh seseorang dibawa naik bus. Adapun bus  dimaksudkan sebuah solusi paling praktis untuk mengurai atau mengatasi kemacetan (di Surabaya).



LIHAT JUGA PROPOSAL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar