Rabu, 26 Juli 2017

CONTOH PROPOSAL PERIKLANAN PRODUK SOYJOY

Berikut ini adalah contoh Proposal Periklanan tentang sebuah Produk bernama  SOYJOY:


PROPOSAL PERIKLANAN
“PRODUK SOYJOY”





ANGGOTA  AGENCY :
1        FURQON PRIMA BAIKUNI         (140531100105)
2        ROSY MAHKO TARO                   (140531100106)
3        RANI ZUBAIDA                              (140531100107)
4        SITI MUFARIDHO                         (140531100108)
5        FITRIA IGA FATMALA               (140531100109)
BY : Best Agency




PROFIL SOYJOY
SOYJOY diimpor oleh PT. Amerta Indah Otsuka yang selama ini telah  eproduksi Pocari Sweat di Indonesia atas lisensi dari Otsuka  harmaceutical Jepang. SOYJOY adalah makanan sehat berbentuk bar, terbuat sepenuhnya dari tepung kedelai dan buah-buahan asli. SOYJOY mengandung nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin A, B & E dan isoflavon yang baik untuk kesehatan kulit. Di samping mengandung nutrisi penting, makanan ini juga dipadukan dengan berbagai macam buah-buahan alami yang dikeringkan sehingga memberi rasa yang lebih enak.
SOYJOY merupakan sebuah produk dengan konsep baru dan pertama di Indonesia yang menawarkan manfaat kedelai dan buah-buahan menjadi makanan yang sehat dan sangat praktis dibawa ke mana saja untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. SOYJOY menawarkan konsep ini dengan camilan praktis dalam sebatang makanan ringan mengandung kedelai dan buah-buahan. Manfaat kedelai yang sudah diolah menjadi makanan yaitu sebagai berikut :
·         Sumber protein nabati yang terbaik
·         Meningkatkan metabolisme tubuh
·         Menguatkan sistem imun tubuh
·         Menstabilkan kadar gula darah
·         Melindungi jantung
·         Menambah daya ingat
·         Membentuk tulang yang kuat
·         Menurunkan resiko sakit jantung
·         Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
·         Mencegah menopause bagi wanita
·         Menurunkan resiko kanker payudara
·         Menurunkan resiko kanker prostat
·         Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke
·         Menghasilkan tenaga dan meningkatkan kesehatan
·         Dapat menghasilkan sperma yang berlebih

SOYJOY dengan kandungan protein cukup mengenyangkan tanpa kuatir akan menambah berat badan. Jadi, SOYJOY bisa dikonsumsi dalam porsi banyak tanpa khawatir akan membuat kamu gemuk. Sebagian besar produk kacang kedelai utuh dan produk kedelai yang diperkaya mengandung isolat protein kedelai yang kemungkinan tidak mempunyai semua manfaat sehat kedelai utuh. Tapi, SOYJOY mengandung kedelai utuh dan kaya protein komplit, serat, serta berbagai fitonutrisi menguntungkan.
Sebagai snack bar yang terbuat sepenuhnya dari tepung kedelai dan buah-buahan kering, Soy Joy mengandung vitamin A, B dan E, mineral, isoflavon, dan yang paling utama memiliki nilai GI yang rendah. Cemilan sehat ini sangat cocok bagi penderita diabetes dan bagi siapapun yang ingin terhindar dari penyakit diabetes. Berdasarkan hasil penelitian Prof. Dr. Made Astawan, Soy Joy terbukti sebagai salah satu cemilan yang memiliki nilai GI rendah (low GI), yaitu sebesar 25 dari skala 0-100. Selain itu, SOYJOY juga mengandung protein dan serat pangan yang tinggi serta kandungan gula dan daya cerna pati yang rendah. Prof. Dr. Made Astawan juga menambahkan bahwa SOYJOY aman dikonsumsi wanita hamil dan menyusui, apalagi kandungan kedelai dalam produk SOYJOY merupakan sumber tinggi protein yang sangat baik untuk wanita hamil dan menyusui.
Selain aman dan memberikan banyak manfaat kesehatan, di tahun 2009 SOYJOY hadir di pasaran dalam empat varian rasa yakni hawthorn berry, raising peanut, apple dan mango coconut. Dan kemudian di bulan Juni 2010 SOYJOY meluncurkan varian terbarunya, strawberry. Pembedanya, SOYJOY strawberry mengandung 17 miligram isoflavon dan kadar indeks glikemik atau GI bernilai 24 (GI rendah)  Hal ini tentu menjadi inovasi baru sebagai pengkaya rasa untuk cemilan menyehatkan SOYJOY sehingga bisa menjadi bagian gaya hidup sehat sekarang ini dengan lima varian rasa yang banyak digemari konsumen.
Makanan sehat tak hanya dilihat dari kandungannya, tetapi juga cara membuatnya. Pabrik  SOYJOY di Jepang memilih pengolahan dengan proses oven bake. Cara ini dianggap ampuh menjaga rasa dan kandungan nutrisi agar tetap alami. Bahkan meningkatkan daya tahan makanan dan aman dikonsumsi dalam 8 – 10 bulan karena dibuat tanpa pengawet dan dasar kue terlihat gelap.
Soyjoy memiliki rasa unik “langu” ciri khas flavor kedelai karena memang cemilan sehat ini terbuat dari kedelai berprotein tinggi dan isoflavon.Isoflavon adalah komponen aktif dalam kedelai yang memiliki sifat fungsional diantaranya, dapat menurunkan resiko penyakit jantung, menurunkan resiko kanker payudara, kolon, dan prostat ; membantu pengobatan sistem menopouse ; mencegah penyakit kronis dan osteoporosis, membuat awet muda dan mencegah perut buncit. Kedelai sendiri sebagai bahan baku soyjoy berfungsi sebagai anti kanker dan mencegah penyakit alzheimer (kepikunan), dan disleksia.Kedelai juga mengandung antioksidan kuat.




















KOMPETITOR
1        OKKY JELLY DRINK
Okky Jelly Drink merupakan inovasi dari divisi jelly, dimana produk ini mengkombinasikan fungsi jelly sebagai makanan sekaligus sebagai minuman. Produk ini mengandung jelly dengan nata de coco dan tersedia dalam kemasan cup dengan pilihan rasa jeruk, jambu (guava), apel, dan anggur. Okky Jelly Drink memberikan kesegaran dengan menghilangkan dahaga sekaligus membantu menahan lapar. Okky Jelly Drink sangat cocok disajikan saat kita membutuhkan kesegaran setelah melakukan berbagai kegiatan maupun di saat-saat bersantai bersama.

Komposisi
Komposisi Minuman OKKY Jelly Drink
Air
Gula Pasir
Fruktosa
Nata De Coco
Karagenan
Pengatur Keasaman (Asam Sitrat, Kalium Sitrat)
Perisai Identik Alami Jambu
Klaudifikator
Pemanis Buatan (natrium Siklamat 725 mg/kg ADI 11 mg/kg berat badan, Aspartam 98. 17 mg/kg ADI 50 mg/kg berat badan)
Konsentrat Jambu (0,03%), Pengawet Natrium Benzoat
Pewarna Makanan Merah Allura CI 16035



Okky jelly drink memang enak, apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Tetapi, okky jelly drink termasuk salah satu daftar makanan dan minuman yang berbahaya di Indonesia. Berikut sajiannya :

2        ENERGEN
Energen adalah minuman susu dan sereal yang cocok untuk menghilangkan rasa lapar. Minuman ini juga mengandung karbohidrat, paduan vitamin, mineral dan protein yang dibutuhkan tubuh dalam komposisi yang tepat. Rasanya ada beberapa macam seperti kacang hijau, vanilla dan coklat. Semua sama enaknya tergantung selera saja. Kalau minum 1 gelas saja sudah terasa, seperti perasaan lapar sudah hilang karena perut sudah terisi. Kalau untuk sarapan kurang cocok, tapi kalau lagi buru – buru minuman cereal ini membantu menjaga kondisi badan agar perut tetap terisi biar tidak masuk angin.
Cara penyajiannya tergolong mudah tidak sampai 1 menit yaitu tinggal tuangkan 1 sachet energen ke dalam gelas, tambahkan air panas / hangat 150ml, aduk hingga merata, minuman energen sudah siap diminum. Jadi memang terbilang praktis.
Energen adalah susu dan sereal yang diperkaya sigmavit, yaitu paduan vitamin, mineral dan protein dalam jumlah dan komposisi yang tepat yang dibutuhkan tubuh dalam fase pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan kesehatan.

Energen memberi nutrisi 4 sehat 5 sempurna yang praktis dan enak. Energen adalah susu dan sereal penuh nutrisi, padat gizi dan berserat alami sesuai untuk menambah asupan gizi anda sekeluarga.Informasi Nilai Gizi
Takaran saji 1 sachet (30g)
Jumlah sajian per kemasan1


Jumlah Per Sajian
Energi total 130 Kkal Energi dari lemak 31.5 Kkal
% AKG*
Lemak Total3.5g 5%
Lemak Jenuh 1.5g 8%
Lemak Trans 0g
Kolesterol 0mg 0%
Natrium/Sodium 240mg 10%
Karbohidrat Total 24g 8%
Serat Pangan 1g 4%
Gula 18g
Protein 1g 2%


Vitamin A 30%
Vitamin C 0%
Kalsium 20%
Zat Besi 0%
Vitamin B1 15%
Vitamin B2 10%
Vitamin B6 20%
Vitamin B12 25%
Vitamin D 15%
Asam Folat 15
*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 Kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Info kalori atau energi

Jumlah kalori termasuk kalori dari lemak adalah 130 Kkal, dan termasuk dalam kalori sedang (antara 40 - 400 Kkal)

Kadar lemak, Kolesterol dan Garam

  • Rendah Lemak
  • Rendah Kolesterol
  • Sedang Garam

 

Komposisi Energen Chocolate

gula, krimer, terigu, susu bubuk, kakao bubuk, jagung, oat, kalsium karbonat, garam, premiks vitamin, telur, ekstrak malt

Komposisi Energen Kacang Hijau

gula, krimer, terigu, susu bubuk, kacang hijau, jagung, oat, kalsium karbonat, garam, premiks vitamin, telur, ekstrak malt

Komposisi Energen Oat Milk Banana

Oat, susu bubuk skim, buah kering pisang, kalsium karbonat, garam, pemanis buatan (asesulfam-K, sukralosa), perisa artifisial pisang, premiks vitamin


Komposisi Energen Jahe

Gula, krimer, terigu, susu bubuk, jagung, oat, perisa jahe, kalsium karbonat, garam, jahe merah bubuk, premiks vitamin, vanili, telur, ekstrak malt
Namun, seperti yang kita tahu, Energen memang bisa mengganjal lapar sewaktu pagi hari, namun hal tersebut tidak bisa bertahan lama. Tidak bagus juga bagi kesehatan  jika dikonsumsi terus menerus.














ANALISIS SWOT PRODUK
Sebelum membuat bagan analisis SWOT, penulis menentukan indicator-indikator yang memengaruhi pada semua produk, yakni sebagai berikut :
No
INDIKATOR
SOYJOY
ENERGEN
OKKY JELLY
1
Harga
5.500
1000
1000
2
Cara Pengolahan
Siap saji
1x pengolahan
Siap saji
3
Keamanan Produk
Aman
Cukup Aman
Kurang Aman
4
Adanya Produk Baru
Banyak
Banyak
Banyak
1.      SOYJOY DAN ENERGEN




2.      SOYJOY DAN OKKY JELLY DRINK


KESIMPULAN
Dari hasil analisis SWOT yang sudah dibuat, kami menemukan adanya kelemahan dari produk kami, yaitu Harga yang cukup mahal dibandingkan produk lainnya yang sejenis. Namun, keunggulan yang bisa kami tampilkan yaitu a) cara pengolahan yang cukup mudah, yaitu hanya tinggal membuka kemasan, kemudian bisa langsung dimakan. Untuk menambah kenikmatan makanan, bisa disimpan di dalam lemari es atau dihangatkan terlebih dahulu. b) keamanan dari produk Soyjoy dibandingkan dengan produk lain.
Tidak dapat dipungkiri bahwa akhir-akhir ini banyak produk baru yang sejenis yang hadir di masyarakat dengan jangkauan harga yang lebih murah, tampilan, bentuk serta kandungan yang menyerupai Soyjoy, sehingga masyarakat lebih memilih adanya produk tersebut. Misalkan Fit Bar, Sneakers, dan lain-lain.



IDE KREATIF
Dari kesimpulan yang kami peroleh melalui bagan analisis SWOT, kami menemukan beberapa cara untuk mempromosikan Soyjoy kepada masyarakat, yaitu sebagai berikut :
1.      Selfiephoto competition.
Teknis kegiatannya kita mengadakan lomba foto selfi ketika makan soyjoy dengan varian apa saja, bersama siapa saja, tema bebas, kemudian di upload Instagram dan di tag kea kun Instagram Soyjoy, dengan hastag #sehatbersamasoyjoy. Penilaiannya yaitu dengan like terbanyak dan penilaian juri. Pemenang akan mendapatkan Goodie bag dari Soyjoy.
2.      Diskon
Diskon berlaku seperti pada umunya, missal pembelian 2 Soyjoy, bisa mendapatkan 1 Soyjoy gratis all variant. Bisa juga potongan harga dalam periode tertentu.
3.      Event
Karena Soyjoy unggul dalam kesehatan, kita bisa mengadakan event-event kesehatan, seperti donor darah, jalan sehat, cek kesehatan gratis, kemudian bagi peminat, bisa diberi oleh-oleh goodie bag dari Soyjoy, atau pendaftaran bisa dengan membeli satu produk Soyjoy atau lebih.



KONSEP IKLAN
AUDIO           : ada seorang mahasiswa yang ada jadwal kuliah pagi, dia belum sempet sarapan dari kostnya. Dia sangat lemas sekali di dalam kelas, kemudian ditanya oleh temennya, jawaban anak itu tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan. Lalu teman sebelahnya itu mengerti bahwa dia belum sarapan, disodorkanlah Soyjoy ke anak itu. Akhirnya dalam sekali gigitan dia langsung segar bugar kembali.
CETAK         :
TAGLINE     : GAK NYAMBUNG ? SOYJOY-IN AJJA!
                          LOE GAK NYAMBUNG KALO LAGI LAPER!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar